Yoga

Padhangustana

Padhangustana

SAI AMRITA YOGA

ASATO MA SAT GAMAYA
TAMASO MA JYOTIR GAMAYA
MRTYOR MA AMRTAM GAMAYA

img1433281958285

Memulai Yoga

Kehidupan masa sekarang penuh dengan tekanan/ stress. Meskipun kita telah mencapai tingkat kesejahteraan yang lebih tinggi, namun tak jarang ketegangan dalam menghadapi problema kehidupan masih dirasakan. Semua itu akan berdampak pada munculnya berbagai penyakit fisik dan mental.
Penyakit  sejatinya banyak berakar pada kondisi mental dan pikiran. Oleh karena itu penting sekali untuk mendalami metode yoga untuk menyelaraskan kondisi tubuh fisik dengan pikiran dan jiwa.
Dengan mulai berlatih  Yoga Sai Amrita, yang meliputi: Yoga Asanas, Pranayama, Mudra, Bandha, dan Meditasi kita akan hidup lebih sehat dan  harmonis.

Pemantapan Fisik Mental

Latihan Yoga Asanas membuat kondisi tubuh  tetap mantap, tenang, santai dan nyaman baik secara fisik maupun mental. Yoga Asanas memiliki arti yang lebih bernilai dalam perkembangan fisik, mental dan kepribadian spiritual. Dengan melakukan Yoga Asanas dapat menyeimbangkan hormon-hormon tubuh sehingga akan membebaskan kita dari segala penyakit fisik dan pikiran yang terkait dengan kehidupan modern.
Dalam pelatihan akan diberikan beberapa jenis Yoga Asanas, seperti: Sunworship (Suryanamaskar), Supine Position (Shavasana, Matsyasana dan Pavana Mukttasana), Prone Lying Position (Sarpasana, Shalabasana, Dhanurasana), Sitting Position (Ardha Matsyendrasana, Paschimottanasana, Gomukhasana, Ustrasana, Vajrasana, Virasana), Standing/ Balance Position (Tadasana, Vrikhasana, Trikonasana, Garudasana, Eka Padasana, Bakasana, Natarajasana, Natavarasana). Inversed Position (Murdhasana, Viparitakarani, Sarvangasana, Halasana), serta High Level Position (Purna Matsyendrasana, Padangusthana, Dhanurakarsana Asana, Hanumanasana, Brahmacaryasana, Sirsasana,) dan lain-lain.

Peningkatan Energi

Latihan Pranayama akan merangsang dan meningkatkan energi yang penting untuk pengendalian yang sempurna pada aliran prana dalam tubuh. Pranayama menggunakan pernafasan untuk mempengaruhi aliran prana dalam nadi  dari pranamaya kosa (kumpulan kekuatan hidup). Hal ini akan membersihkan nadi dan menyebabkan keseimbangan fisik dan mental.
Materi pranayama yang diberikan: Nadi Sudhi, Sukha Purvaka, Kapala Bhakti, Bhastrika (So Ham), Suryabedha, Ujjayi, Sitkari, Sitali, Bhramari, Murcha, dan sebagainya.

Penyelarasan Prana

Latihan Mudra dan Bandha yang mempergunakan sikap-sikap badan khusus akan membantu menyelaraskan prana dalam tubuh. Dalam prakteknya beberapa jenis Mudra dan Bandha dikombinasikan dengan Yoga Asanas dan Pranayama, seperti: Mula Bandha, Jalandhara Bandha, Udyana Bandha, Maha Mudra, Maha Bandha, Maha Vedha, Yoga Mudra, dan Viparitakarani Mudra.

Pemusatan Pikiran & Perasaan

Latihan Meditasi (dhyana) membentuk disiplin pemusatan pikiran dan perasaan secara mental dan terus menerus pada objek meditasi atau pada Tuhan. Meditasi merupakan proses yang terjadi di tempat yang melampaui pikiran dan indera.
Meditasi secara teratur dapat memperluas cakrawala pikiran dan membantu mengembangkan ketajaman intuisi serta pemahaman diri dan lingkungan secara lebih mendalam dan bijaksana.
Dalam pelatihan akan diajarkan berbagai teknik meditasi sederhana dan relaksasi agar lebih bisa berkonsentrasi (avadhana) dan bisa menetapkan perhatian ke suatu hal (ekagatha). Praktek meditasi ini juga akan membantu mengkoordinasikan tubuh dan pikiran menjadi lebih efektif, sehingga bisa mendapatkan keseimbangan mental, ketenangan dan kedamaian batin.

Manfaat Yoga

Dengan berlatih Yoga Asanas, Pranayama, Mudra, Bandha, dan Meditasi peserta  dapat mengembangkan kesehatan holistik, potensi dan kepribadiannya  sebagai alternatif eksistensinya dalam dinamika perubahan zaman.
Yoga Asanas memberikan kekuatan, Pranayama membuat tubuh menjadi ‘ringan’, Mudra dan Bandha memberikan ketetapan, sedangkan Meditasi memberikan pengertian tentang diri sendiri.
Manfaat lain yang diperoleh dari latihan ini adalah: membantu mengurangi kelelahan dan ketegangan, meningkatkan kelenturan tubuh, membantu relaksasi, meningkatkan kualitas energi, meningkatkan konsentrasi, mengembangkan pikiran, menambah kekuatan dan vitalitas, mempertinggi rasa percaya diri, membantu ketenangan batin, mengembangkan intuisi dan meluhurkan budi pekerti.

Informasi

Yoga Sai Amrita Denpasar
Jl WR Supratman Gg. Candrametu III/ 8 Tohpati
Telp. 0361-461633,  0361-7486938

Apotek Candra Medika
Jl. Pratu Made Rambug No. 1 Batubulan
Telp. 0361-7907136, 0361-8510856 atau  081 7346 246

Tuhan,
Tuntunlah kami dari dunia fana yang mengalami kemerosotan ini menuju alam nyata yang diberkati
Tuntunlah kami dari kegelapan pikiran menuju cahaya pengetahuan
Tuntunlah kami dari kematian menuju kehidupan yang abadi

Advestha Sarva Bhutanam
Love All Serve All

2 Tanggapan

  1. tulisan ini sangat berharga bagi saya yang ingin mengerti lebih dalam tentang yoga dan spiritual. suksma….

    • Terima kasih Pak Gede atas kunjungan dan apresiasinya. Semoga kita sama-sama bisa lebih memaknai dan mempraktikkan jalan yoga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: