Gerakan Anti Korupsi

MEMULAI GERAKAN ANTI KORUPSI DARI KAMPUS

Komitmen untuk menegakkan integritas dan memberantas korupsi kembali digelar. Universitas Warmadewa (Unwar) dan Tiri-Making Integrity Work kemarin (19/4) menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) yang dilanjutkan dengan Seminar Nasional bertema ”Integritas dalam Politik dan Pemerintahan serta Peran Perguruan Tinggi dalam Penegakkan Integritas”.

Ketua Panitia Dr. Wayan Gede Suacana, M.Si. yang juga penggagas kerjasama penegakkan integritas ini menyatakan seminar nasional yang diikuti oleh 150-an peserta ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi terkini mengenai kecenderungan pendekatan global dalam penanganan masalah korupsi, melalui penguatan integritas dalam berbagai level kehidupan kemasyarakatan dan kenegaraan. Disamping itu juga bisa dirumuskan berbagai pendekatan operasional yang bisa dikembangkan di tingkat lokal dengan entitas perguruan tinggi sebagai ujung tombak utama.

Sementara itu Rektor Unwar Prof. Dr. I Made Sukarsa, S.E., M.S. dalam sambutannya menegaskan sebagai salah satu perguruan tinggi di Bali, Unwar punya tanggung jawab moral untuk ikut mewujudkan integritas di dalam masyarakat. Apalagi menurutnya, fakta menunjukkan hingga saat ini kesadaran masyarakat untuk mewujudkan integritas sehingga terbentuk sebuah pribadi  yang jujur masih belum cukup. Sebagai tindak lanjut MoU yang ditandatangi kedua belah pihak akan dilakukan beberapa program seperti:  1) Unwar akan berpartisipasi dalam Public Integrity Education Networks (PIEN) untuk Rapat Koordinasi Daerah, Rapat Koordinasi Nasional dan Kebijakan Pengembangan Laboratorium Kebijakan Kurikulum. 2) Pengembangan kursus untuk program sarjana dan pascasarjana berkaitan dengan praktik integritas publik. 3) Penelitian dan pengembangan berbagai studi kasus integritas publik. 4) Integritas Usaha Kelompok Kerja, Kunjungan dan Pertukaran Program antar Fakultas, dan Pengembangan Media on-line. 5) Akhirnya, dengan penandatanganan MoU dengan Tiri, Unwar akan menjadi anggota dari PIEN, yang difasilitasi oleh Tiri.

Dua pembicara yang dihadirkan dalam seminar nasional ini adalah Kevin Evans, Direktur Program Tiri Indonesia membahas “Mengarusutamakan Isu Integritas dalam Kehidupan Masyarakat, Politik dan Pemerintahan”. Sedangkan Agung Djojosoekanto, Chief of Cluster PSG Partnership for Governance Reform menguraikan “Peran Perguruan Tinggi dalam penegakkan Integritas”. Kedua pembicara ini berharap dalam konteks institusi, integritas publik bisa lebih terlihat dengan berjalannya lembaga-lembaga publik serta adanya keteguhan didalam menjalankan peran, fungsi dan aturan-aturan, yang berkonsekuensi pada tidak adanya praktek korupsi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: